Siang itu Edo pulang sekolah. Edo memasuki rumah dengan tak lupa mengucapkan salam. Terdengar dari dalam Ibu menjawab salam Edo. Ternyata Ibu sedang duduk santai membaca majalah sambil mendengarkan radio. Acara favorit ibu yakni menanyakan lagu-lagu nostalgia (kenangan). Sesekali terdengar jeda iklan sehabis pemutaran sebuah lagu.
Iklan di radio merupakan salah satu iklan dalam media elektronik. Media elektronik merupakan media dengan teknologi elektronik dan hanya sanggup dipakai jikalau ada jasa transmisi siaran. Untuk lebih mengenal unsur-unsur dan ciri-ciri bahasa iklan pada media elektronik, ayo kita simak klarifikasi berikut.
—
Setiap media elektronik mempunyai karakteristik yang berbeda. Iklan di televisi sangat berbeda dengan iklan di radio maupun iklan di internet.
Berikut unsur-unsur yang ada dalam iklan televisi, iklan radio, dan iklan internet.
1. Unsur-unsur iklan televisi, yaitu
• Suara
Suara dalam iklan televisi sanggup berupa bunyi manusia, bunyi hewan/ tumbuhan, musik, atau sekadar dampak suara.
• Gambar
Gambar sanggup berupa produk yang ditawarkan atau sanggup berupa orang yang memakai produk tersebut.
• Gerak
Gambar bergerak untuk lebih menarik perhatian masyarakat.
• Tulisan
Tulisan yang singkat dan gampang terlihat, sebagai klarifikasi dari produk.
2. Unsur-unsur iklan radio, yaitu Iklan radio hanya terdiri dari satu unsur saja yaitu suara. Suara tersebut sanggup berupa suara/kata-kata insan yang teratur, musik, dan dampak bunyi (suara-suara yang tidak beraturan maupun dampak bunyi alam).
3. Unsur-unsur iklan internet, yaitu
• Suara
Iklan di internet sanggup berupa video yang mempunyai unsur suara.
• Gambar
Gambar sanggup berupa produk yang ditawarkan, atau sanggup berupa orang yang memakai produk tersebut.
• Tulisan
Tulisan yang singkat dan gampang terlihat, sebagai klarifikasi dari produk.
• Gerak
• Gerak
Baik gambar maupun goresan pena dalam iklan di internet, semuanya bergerak. Gambar gerak dalam iklan di internet sanggup berupa video atau animasi.
Ciri-ciri bahasa iklan elektronik bekerjsama tidak jauh berbeda dengan iklan di media cetak, yaitu
- komunikatif,
- informatif,
- mudah dimengerti dan diingat masyarakat,
- menarik perhatian, dan
- mengajak penonton untuk membeli atau memakai barang atau jasa yang ditawarkan.
Amatilah salah satu iklan di internet berikut ini.
Setelah kau mengamati iklan tersebut, jawablah pertanyaan di bawah ini.
1. Barang apa yang ditawarkan dalam iklan tersebut?
2. Informasi apa saja yang sanggup kau peroleh dari iklan tersebut?
Jawab: Informasi yang sanggup diperoleh dari iklan yaitu wacana nama produk, keindahan motif dan pilihan warna. Informasi diperoleh dari kalimat: Banyak pilihannya, indah warnanya, Ayo kita cintai batik Indonesia, dan Batik jumputan hasil budaya bangsa.
3. Sebutkan unsur-unsur yang ada dalam iklan tersebut.
Jawab: gambar dan tulisan
4. Jelaskan ciri-ciri bahasa dalam iklan tersebut.
- komunikatif,
- informatif,
- singkat dan padat sehingga gampang dimengerti dan diingat masyarakat,
- menarik perhatian
- mengajak untuk membeli atau memakai barang atau jasa yang ditawarkan.