Bagian hidup dan tak hidup pada sebuah lingkungan saling berinteraksi dan saling bergantung satu sama lain. Interaksi antara makhluk hidup dan benda-benda tak hidup pada sebuah lingkungan disebut ekosistem. Ekosistem
tersusun atas individu, populasi, dan komunitas.
Hari ini kita akan belajar:
• Menyebutkan pokok pikiran pada teks nonfiksi yang disajikan.
• Membuat goresan pena perihal jenis kuliner hewan.
• Menjabarkan jenis kuliner hewan.
Perbedaan apa saja yang sanggup kau jelaskan dari kedua gambar di atas?
Jelaskan hasil pengamatanmu terhadap kedua gambar tersebut.
Udin sangat bangga hari ini. Ia gres saja mendapat kiriman hadiah dari bibinya di kota. Sebuah buku pengetahuan bergambar! Ia pun tak sabar ingin menunjukkannya kepada teman-temannya.
Udin : “Hai, kawan-kawan! Aku punya sesuatu yang ingin kutunjukkan kepada kalian.”
Lani : ”Apakah itu, Udin? Kelihatannya sesuatu hal yang menarik!”
Udin : ”Tentu saja! Aku mempunyai sebuah buku pengetahuan bergambar!
Bibiku mengirimkannya untukku.”
Edo : ”Wow! Itu benar-benar menarik! Apa isi bukumu itu, Udin?”
Udin : ”Buku ini perihal aneka macam jenis ekosistem di dunia! Di dalam buku ini,
ada aneka macam jenis binatang khas yang hidup di tiap-tiap ekosistem!”
Beni : ”Apakah ekosistem itu, Udin? Dapatkah kau menjelaskannya untuk
kami?”
Udin : “Menurut pendapatku, lebih baik kita baca saja buku ini bersama-sama!
Selain memuat gambar-gambar, buku ini juga memuat penjelasanpenjelasan yang menarik perihal ekosistem.”
Semua makhluk hidup memerlukan lingkungan tertentu untuk memenuhi kebutuhannya. Lingkungan yaitu segala sesuatu yang berada di sekitar makhluk hidup. Sebuah lingkungan terdiri atas bab yang hidup (biotik) dan bab tak hidup (abiotik). Bagian yang hidup di sebuah lingkungan terdiri atas tumbuhan, hewan, dan makhluk hidup lainnya. Bagian lingkungan yang tak hidup terdiri atas cahaya matahari, air, udara dan tanah.
Cahaya matahari sanggup menghangatkan udara, air, dan tanah supaya mencapai suhu yang sesuai kebutuhan hidup makhluk hidup. Cahaya matahari juga membantu tumbuhan menciptakan makanan. Air dan tanah merupakan bab penting dari sebuah lingkungan. Air yang turun dalam bentuk hujan, meresap ke dalam tanah. Air di dalam tanah ini akan dimanfaatkan oleh tumbuhan yang hidup di atasnya dan makhluk hidup kecil lainnya yang hidup di dalam tanah.
Bagian hidup dan tak hidup di sebuah lingkungan saling berinteraksi dan saling bergantung satu sama lain. Interaksi antara makhluk hidup dan benda-benda tak hidup di sebuah lingkungan disebut ekosistem. Ekosistem
tersusun atas individu, populasi, dan komunitas.
Individu yaitu makhluk hidup tunggal, contohnya seekor kambing, seekor burung, dan sebuah pohon cemara. Tempat individu tinggal disebut habitat. Populasi yaitu kumpulan individu homogen yang menempati suatu kawasan tertentu. Contoh, di sebuah kolam, terdapat populasi ikan, populasi tumbuhan teratai, dan populasi lumut. Sementara itu komunitas yaitu populasi makhluk hidup di suatu kawasan tertentu. Contoh komunitas adalah
komunitas sungai dan komunitas padang rumput.
(Sumber : Scott Foresman. Science. 2010)
Berdasarkan bacaan di atas, temukanlah pikiran utama dari setiap paragraf beserta informasi yang kau anggap penting.
Tuliskanlah pikiran utama dan informasi penting tersebut di tempat yang
Paragraf | Pikiran Utama | 3. Informasi Penting | ||
Udin bahagia sanggup membuatkan pengetahuan bersama dengan teman-temannya.
Ia pun mulai melihat lingkungan di sekelilingnya. Ada banyak hal di dalam buku yang dibacanya, ada di sekitarnya. Benda hidup dan benda tak hidup, manusia, hewan, serta tumbuhan, semuanya saling berinteraksi di dalam ekosistem. Ia pun ingin tahu lebih dalam perihal dunia hewan. Bagaimana hewan-hewan di setiap ekosistem mendapat makanannya?
Ayo Membaca
Seperti halnya manusia, binatang juga memerlukan kuliner untuk mendapat energi. Akan tetapi, binatang mempunyai jenis kuliner tertentu baik berupa tumbuhan maupun berupa binatang lainnya. Bacalah dengan saksama bacaan berikut ini untuk mengetahui lebih banyak perihal jenis kuliner hewan.
Jenis kuliner binatang dikelompokkan menjadi dua, yaitu kuliner yang berupa tumbuhan dan kuliner yang berupa binatang lain. Hewan yang memakan tumbuhan menentukan bagian-bagian tumbuhan yang sanggup dijadikan makanan. Ada binatang yang hanya memakan daun tumbuha. Ada pula binatang yang hanya memakan batang, buah, atau hanya biji tumbuhan.
Namun, ada beberapa jenis binatang yang memakan lebih dari satu bab tumbuhan tersebut.
Bagian tumbuhan yang paling sering dijadikan kuliner binatang yaitu daun. Hewan menyerupai ulat, rusa, dan zebra, merupakan beberapa pola binatang yang memakan daun. Sementara itu, beberapa binatang menyukai batang tumbuhan. Sapi merupakan salah satu binatang yang menyukai batang tumbuhan padi dan jagung. Sedangkan binatang panda menyukai batang pohon bambu. Bagian tumbuhan berupa buah juga disukai hewan. Belatung bahagia memakan bab dalam buah dan ini seringkali merugikan para petani buah-buahan. Burung-burung menyukai bab tumbuhan yang berupa biji. Biji padi sering menjadi incaran burung pipit. Biji kenari sangat disukai para tupai.
Beberapa binatang memakan binatang yang lebih kecil sebagai makanannya.
Hewan kecil ini menjadi mangsa bagi binatang yang lebih besar. Serangga menjadi kuliner bagi hewan-hewan menyerupai katak atau cecak. Tikus menjadi kuliner bagi kucing.
Demikian juga dengan kelinci, yang menjadi kuliner bagi burung elang.
Sumber: BSE IPA 2010
Setelah kau membaca teks bacaan di atas, catatlah beberapa pertanyaan berdasarkan teks bacaan dan juga pertanyaan yang bekerjasama dengan teks bacaan.
Tuliskanlah pertanyaanmu di tempat yang tersedia di halaman berikut ini.
Ingatlah untuk selalu memakai kata tanya yang sempurna dan ejaan bahasa Indonesia yang benar. Simpanlah pertanyaanmu, sampai kau menemukan tanggapan pertanyaanmu dari acara mencar ilmu hari ini.
Ayo Mengamati
Amatilah hewan-hewan yang ada di sekitarmu. Lalu, bekerjasamalah dengan teman-temanmu untuk melaksanakan acara berikut!
Alat-alat dan materi yang diperlukan, antara lain gunting, kertas karton besar, spidol, surat kabar dan majalah bekas, penggaris, serta lem kertas.
Langkah-langkah kegiatan:
1. Carilah dan guntinglah gambar-gambar binatang yang terdapat di surat kabar atau majalah bekas.
2. Dengan memakai penggaris, buatlah tabel besar pada kertas karton tersebut menyerupai pola berikut!
Gambar dan Nama Hewan
Nama atau Jenis Makanan
Golongan Makanan
(Tumbuhan/Hewan)
3. Letakkan gambar binatang yang sudah digunting kemudian rekatkan pada kolom pertama tabel dengan memakai lem. Tuliskanlah nama binatang di bawah gambarnya.
4. Tuliskanlah nama atau jenis kuliner yang dimakan oleh binatang tersebut di kolom tengah.
5. Tuliskanlah jenis kuliner tersebut, apakah termasuk tumbuhan atau binatang lain.
6. Tempelkanlah hasil pekerjaan kelompokmu di tempat yang gampang dilihat.
7. Lakukanlah gallery walk atau melihat hasil kerja kelompok bersama dengan kelompok-kelompok lain untuk melihat dan saling belajar.
8. Kembalilah ke kelompokmu, kemudian tuliskanlah kesimpulanmu perihal binatang dan jenis makanannya pada kotak di bawah ini.
Kesimpulanku:
Ayo Menulis
Kesimpulan apakah yang kau sanggup dari acara di atas? Tahukah kau mengapa binatang mempunyai jenis kuliner yang berbeda-beda? Setiap binatang mempunyai ciri khas yang juga memengaruhi jenis kuliner yang dimakannya.
Bacaan di atas merupakan bentuk teks nonfiksi. Teks nonfiksi yaitu teks yang berisikan hasil pengamatan, data-data, dan fakta serta bukan merupakan hasil imajinasi kita.
Buatlah sebuah teks nonfiksi yang terdiri atas tiga paragraf. Untuk itu, ikutilah langkah-langkah berikut ini.
1. Pilihlah dua binatang yang mempunyai jenis kuliner yang berbeda. Satu binatang pemakan tumbuhan dan satu binatang pemakan binatang lain.
2. Tuliskanlah klarifikasi perihal binatang tersebut termasuk habitat asli, jenis makanan, serta cara binatang tersebut mendapat dan memakan makanannya.
3. Gunakanlah hasil pengamatan dan informasi penting yang telah kamu
dapatkan dari bacaan untuk melengkapi tulisanmu.
4. Kamu juga sanggup melengkapi tulisanmu dengan gambar binatang yang kamu
maksud.
5. Tuliskanlah klarifikasi perihal kedua binatang tersebut pada selembar kertas
dengan goresan pena yang rapi.
Ayo Renungkan
Pengetahuan apakah yang telah kau pelajari hari ini?
Apakah pembelajaran yang menurutmu paling menarik? Mengapa demikian?
Sikap apakah yang harus kau kembangkan selama mengikuti kegiatan
pembelajaran hari ini?
Kerja Sama dengan Orang Tua
Apakah keluargamu mempunyai binatang piaraan di rumah? Jika kau tidak punya binatang piaraan, binatang apakah yang paling kau sukai? Ambillah foto binatang piaraanmu, kemudian tempelkan pada secarik kertas ukuran A4. Tuliskan nama
hewan, nama panggilan binatang dan artinya, kuliner kesukaan, dan kebiasaan binatang piaraanmu yang paling menarik dan kau sukai. Jika kau tidak punya binatang piaraan, kau sanggup mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang
hewan yang ingin kau miliki dan alasanmu ingin memiaranya.
Ceritakan perihal binatang piaraanmu di depan kelas esok hari.