Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Sekolah : Sekolah Menengah Pertama Materi Sekolah
Mata Pelajaran : PPKn
Kelas/Semester : VIII/1
Materi Pokok : Lembaga-Lembaga Negara dalam Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945
Alokasi Waktu : 4 x 3 JP (120 menit)
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menghargai dan menghayati pedoman agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata.
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah ajaib (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
No. | Kompetensi Dasar | Indikator Pembelajaran |
1. | 1.1 Menghargai sikap beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan sekolah, masyarakat, bangsa, dan negara. | 1.1.1 Menunjukkan perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan sekolah, masyarakat, bangsa, dan negara. 1.1.2 Menunjukan rasa syukur atas terwujudnya lembaga-lembaga negara Indonesia. |
2. | 2.2 Menghargai semangat kebangsaan dan kebernegaraan ibarat yang ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam tetapkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai landasan konstitusional negara kebangsaan. | 2.2.1 Menunjukkan semangat kebangsaan dan kebernegaraan ibarat yang ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam tetapkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai landasan konstitusional negara kebangsaan. 2.2.2 Memberikan teladan sikap semangat kebangsaan dan kebernegaraan ibarat yang ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam tetapkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai landasan konstitusional negara kebangsaan. |
3. | 3.2 Memahami fungsi lembaga-lembaga negara dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. | Pertemuan pertama 3.2.1 Menjelaskan pengertian kedaulatan negara 3.2.2 Menjelaskan macam-macam kedaulatan 3.2.3 Menjelaskan sifat-sifat kedaulatan 3.2.4 Menjelaskan landasan aturan Indonesia berdasarkan kedaulatan 3.2.5 Menjelaskan pembagian kekuasaan Pertemuan kedua 3.2.6 Mendeskripsikan pegertian demokrasi Pancasila. 3.2.7 Menjelaskan prinsip-prinsip demokrasi Pancasila 3.2.8 Menjelaskan asas-asas Pemilu Pertemuan ketiga 3.2.9 Menjelaskan lemaga negara sesuai Undang-Undang Dasar 1945 3.2.10 Menjelaskan kedudukan forum negara sesuai Undang-Undang Dasar 1945 3.2.11 Menjelaskan kiprah dan wewenang forum negara sesuai Undang-Undang Dasar 1945 3.2.12 Menyebutkan kenggotaan forum negara sesuai Undang-Undang Dasar 1945 Pertemuan keempat 3.2.13 Menjelaskan kekerabatan antar forum negara sesuai Undang-Undang Dasar 1945 3.2.14 Mendeskripsikan sikap positif terhadap sistem pemerintahan Indonesia |
1. | 4.2 Menyaji hasil telaah fungsi lembaga-lembaga negara dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. | 4.2.1 Menyusun hasil telaah perihal fungsi, kedudukan, kiprah dan wewenang lembaga-lembaga negara dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. 4.2.2 Mempresentasikan goresan pena singkat perihal kekerabatan antar lembaga-lembaga negara sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. |
2. | 4.9 Menyaji bentuk partisipasi kewarganegaraan yang mencerminkan janji terhadap keutuhan nasional. | 4.9.1 Mencari dan menawarkan teladan sikap positif terhadap sistem pemerintahan di Indonesia |
C. Materi Pembelajaran
1. Pengertian kedaulatan negara
2. Macam-macam kedaulatan
3. Sifat-sifat kedaulatan
4. Landasan aturan indonesia berdasarkan kedaulatan
5. Pembagian kekuasaan
6. Pegertian demokrasi pancasila.
7. Prinsip-prinsip demokrasi pancasila
8. Asas-asas pemilu
9. Lemaga negara sesuai uud 1945
10. Kedudukan forum negara sesuai uud 1945
11. Tugas dan wewenang forum negara sesuai uud 1945
12. Kenggotaan forum negara sesuai uud 1945
13. Hubungan antar forum negara sesuai uud 1945
14. Sikap positif terhadap sistem pemerintahan indonesia
D. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan pembelajaran saintifik
2. Model pembelajaran masalah solving, inquiri, dan bekerja dalam kelompok
3. Metode identkifasi pertanyaan, diskusi kelompok dan presentasi kelompok
E. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media yang dipakai ialah media powerpoint
2. Alat yang dipakai yaitu laptop dan LCD
3. Sumber berguru siswa yaitu Buku Paket PPKn dari Kemendikbud (buku siswa) dan Undang-Undang Dasar 1945
F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan | Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
Pertemuan Kesatu | ||
Pendahuluan | 1. Guru mengucapkan salam kepada penerima didik untuk memulai perjumpaan 2. Menanyakan kabar siswa dan menawarkan motivasi kepada siswa supaya semangat dalam mengikuti pelajaran 3. Menyampaikan cakupan materi yang akan dibahas 4. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai 5. Guru membagi penerima didik dalam beberapa kelompok dengan jumlah penerima didik untuk setiap kelompok berjumlah 4 anak | 15 menit |
Inti | 1. Mengamati a. Peserta didik mengamati gambar 2.1 dalam buku siswa PPKn perihal kesadaran konstitusional (tertib dalam kehidupan bernegara atau tertib hukum) b. Peserta didik mengamati gambar 2.3 dalam buku siswa PPKn perihal membina kekerabatan luar negeri (hubungan Indnesia dengan Amerika) c. Peserta didik menyimak klarifikasi umum yang disampaikan oleh guru terkait materi kedaulatan rakyat 2. Menanya a. Dengan atau tanpa bimbingan guru penerima didik menyusun pertanyaan seperti: 1) Apa pengertian kedaulatan rakyat? 2) Ada berapa macam dan sifat kedaulatan? 3) Apa landasan aturan Indonesia berdasarkan kedaulatan rakyat 4) Siapa pemegang kedaulatan? b. Guru mengarahkan siswa mengajukan pertanyaan terkait pembagian kekuasaan. 3. Mengumpulkan data atau informasi a. Guru membimbing penerima didik untuk mendapatkan informasi terkait pertanyaan yang sudah disusun baik pertanyaan dari penerima didik maupun dari guru b. Guru sanggup menjadi narasumber terkait pertanyaan penerima didik di dalam kelompok 4. Mengasosiasi/menganalisis data atau informasi Peserta didik berdiskusi dalam kelompok untuk menghubungkan informsi yang diperoleh untuk menyimpulkan makna kedaulatan rakyat 5. Mengomunikasikan a. Guru membimbing penerima didik menyusun laporan hasil diskusi kelompok dalam bentuk kertas lembaran b. Guru membimbing setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas c. Guru membimbing setiap kelompok untuk menawarkan komentar terkait laporan hasil diskusi kelompok lain secara tertulis | 90 menit |
Penutup | 1. Peserta dengan panduan guru menyimpulkan materi perihal makna kedaulatan rakyat 2. Peserta didik diberikan kesempatan untuk bertanya kepada guru terkait materi yang belum paham 3. Guru menawarkan pertanyaan sederhana untuk mengetahui ketercapaiann pembelajaran hari ini 4. Peserta didik mendapatkan penugasan untuk pertemuan berikutnya (membaca perihal demokrasi Pancasila dari banyak sekali sumber) 5. Guru memberikan informasi terkait pertemuan ahad depan (makna demokrasi Pancasila) | 15 menit |
Pertemuan Kedua | ||
Pendahuluan | 1. Memberikan salam sebelum memulai pembelajaran 2. Menanyakan kabar siswa dan menawarkan motivasi kepada siswa supaya semangat dalam mengikuti pelajaran 3. Guru menawarkan nasehat kepada siswa untuk selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa 4. Guru mengingatkan kepada siswa untuk selalu melaksanakan sikap terpuji didalam sekolah ataupun masyarakat 5. Memberikan pertanyaan terkait materi yang pernah diajarkan sebelumnya 6. Menyampaikan cakupan materi yang akan dibahas 7. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai 8. Siswa dengan panduan guru membentuk kelompok kecil yang berjumlahkan 4 orang secara sanggup bangun diatas kaki sendiri (memilih kelompok sendiri) | 15 menit |
Inti | 1. Mengamati a. Peserta didik mengamati gambar 2.2 dalam buku siswa PPKn (tentang pelaksanaan pemilu) b. Peserta didik menyimak klarifikasi dari guru terkait gambar yang diamati siswa c. Peserta didik mendengarkan aba-aba guru terkait demokrasi 2. Menanya Peserta didik dengan bimbingan guru menyusun pertanyaan terkait materi yang akan dibahas, seperti: a. Apa pengertian demokrasi? b. Apa kekerabatan pemilu dengan demokrasi? c. Apa asas pemilu yang terdapat dalam UU No. 8 Tahun 2012? d. Apa demokrasi yang diterapkan di Indonesia? e. Apa demokrasai Pancasaila? f. Mengapa demokrai Pancasila sesuai dengan bangsa Indonesia? g. Apa prinsip utama demokrasi Pancasila? h. Bagaimana perwujudan demokrasi pancasila? 3. Mengumpulkan data atau informasi Guru membimbing penerima didik secara kelompok untuk mencari informasi untuk menjawab pertanyaan yang sudh disusun 4. Mengasosiasi/menganalisis data atau informasi Guru membimbing kelompok untuk menghubungkan informasi yang diperoleh untuk menyimpulkan makna demokrasi Pancasila 5. Mengomunikasikan a. Guru membimbing penerima didik secara kelompok menyusun hasil diskusi secara tertulis b. Melalui perwakilan kelompok dengan cara bermain talking stick untuk menentukan kelompok yang akan maju duluan untuk mempresentasikan hasil diskusinya | 90 menit |
Penutup | 1. Guru dan siswa melaksanakan ferleksi terkait dengan pembelajaran yang gres saja berlangsung 2. Guru memberikan nasehat pentingnya penerima didik mempunyai sikap toleransi, keberanian, dan keadilan 3. Peserta didik diberikan kiprah oleh guru untuk pengayaan terkait materi pokok yang telah dipelajari 4. Guru memberikan informasi terkait pertemuan meinggu depan 5. Peserta didik mendapatkan penugasan untuk pertemuan berikutnya 6. Pembelajaran diakhiri dengan berdo’a bersama | 15 menit |
Pertemuan Ketiga | ||
Pendahuluan | 1. Memberikan salam sebelum memulai pembelajaran 2. Menanyakan kabar siswa dan menawarkan motivasi kepada siswa supaya semangat dalam mengikuti pelajaran 3. Guru menawarkan nasehat kepada siswa untuk selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa 4. Guru mengingatkan kepada siswa untuk selalu melaksanakan sikap terpuji didalam sekolah ataupun masyarakat 5. Memberikan pertanyaan terkait materi yang pernah diajarkan sebelumnya 6. Menyampaikan cakupan materi yang akan dibahas 7. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai | 15 Menit |
Inti | 1. Mengamati a. Peserta didik mendengarkan klarifikasi umum terkait lembaga-lembaga negara dan pembagian kekuasaan b. Peserta didik mengamati gambar terkait lembaga-lembaga negara 2. Menanya Guru membimbing penerima didik untuk menciptakan pertanyaan, seperti: a. Apa saja forum negara di Indonesia b. Bagaimana kedudukan setiap forum negara? c. Apa kiprah dan wewenang setiap forum negara di Indonesia? d. Bagaimana keanggotaan setiap forum negara? 3. Mengumpulkan data atau informasi Peserta didik dengan sobat sebangkunya mencari informasi terkait pertanyaan sesuai dengan penugasan yang diberikan oleh guru 4. Mengasosiasi/menganalisis data atau informasi Guru membimbing penerima didik untuk menghubungkan informasi yang diperoleh untuk menyimpulkan perihal forum negara yang bersangkutan 5. Mengomunikasikan Peserta didik dengan ditunjuk guru mempresentasikan hasil informasi yang diperoleh sesuai dengan aba-aba guru | 90 Menit |
Penutup | 1. Guru dan siswa melaksanakan ferleksi terkait dengan pembelajaran yang gres saja berlangsung 2. Guru memberikan nasehat pentingnya penerima didik mempunyai sikap toleransi, keberanian, dan keadilan 3. Peserta didik diberikan kiprah oleh guru untuk pengayaan terkait materi pokok yang telah dipelajari 4. Guru memberikan informasi terkait pertemuan meinggu depan 5. Peserta didik mendapatkan penugasan untuk pertemuan berikutnya | 15 Menit |
Pertemuan Keempat | ||
Pendahuluan | 1. Memberikan salam sebelum memulai pembelajaran 2. Menanyakan kabar siswa dan menawarkan motivasi kepada siswa supaya semangat dalam mengikuti pelajaran 3. Guru menawarkan nasehat kepada siswa untuk selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa 4. Guru mengingatkan kepada siswa untuk selalu melaksanakan sikap terpuji didalam sekolah ataupun masyarakat 5. Memberikan pertanyaan terkait materi yang pernah diajarkan sebelumnya 6. Menyampaikan cakupan materi yang akan dibahas 7. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai | 15 Menit |
Inti | 1. Mengamati a. Peserta didik mengamati buku paket PPKn sesuai materi kelompok yang dibagikan oleh guru b. Peserta didik menyimak klarifikasi umum terkait kekerabatan antar lembaga-lembaga negara 2. Menanya Peserta didik dengan bimbingan guru menyusun pertanyaan, seperti: a. Bagaimana kekerabatan antar lembaga-lembaga negara di Iindonesia? b. Apa landasan aturan yang mengatur hubngan antar forum di Indonesia? c. Apa yang dimaksud sikap positif? d. Bagaimana sikap positif terhadap sistem pemerintahan? 3. Mengumpulkan data atau informasi Peserta didik dengan bimbingan guru mencari informasi terkait pertanyaan yang sudah disusun melalui buku yang dimiliki siswa dan melalui buku Undang-Undang Dasar 1945 4. Mengasosiasi/menganalisis data atau informasi Peserta didik dengan bimbingan guru menyusun hasil informasi yang telah diperoleh untuk menyimpulkan kekerabatan lembaga-lembaga negara dan sikap positif terhadap sistem pemerintahan 5. Mengomunikasikan Peserta didik denganbimbingan guru mencocokan punzel materi yang telah disiapkan guru sebagai pengganti presentasi terkait pemahaman materi yang telah diperoleh 6. Mencipta Dengan aba-aba guru penerima didik diberikan kiprah untuk menciptakan eliping secara kelompok perihal teladan sikap positif terhadap sistem pemerintaha indonesia | 90 Menit |
Penutup | 1. Peserta dengan panduan guru menyimpulkan dan mencatat hasil diskusi mengenai sejarah lahirnya pancasila, bahaya terhadap perubahan pancasila, serta dinamika pancasila sebagi ideologi 2. Peserta didik diberikan kesempatan untuk bertanya kepada guru terkait materi yang belum paham 3. Guru menawarkan pertanyaan sederhana untuk mengetahui ketercapaiann pembelajaran hari ini 4. Peserta didik mendapatkan penugasan untuk pertemuan berikutnya 5. Guru memberikan informasi terkait pertemuan ahad depan | 15 Menit |
G. Penilaian
1. Sikap Spiritual
Jenis/Teknik Penilaian : observasi
Bentuk Instrumen dan Instrumen : lembar observasi
Kisi-kisi :
No | Sikap atau nilai | Butir instrumen |
1 | Perilaku beriman | 1 |
2 | Perilaku bertaqwa | 3 |
3 | Menunjukan rasa syukur | 1 |
(Lihat lampiran penilaian)
2. Sikap Sosial
Jenis/Teknik Penilaian : observasi
Bentuk Instrumen dan Instrumen : lembar observasi
Kisi-kisi :
No | Sikap atau nilai | Butir pertanyaan |
1 | Toleransi | B 1 |
B 2 | ||
2 | Keberanian | B 3 |
3 | Sopan santun | B 4 |
B 5 |
(Lihat lampiran penilaian)
3. Pengetahuan
Jenis/Teknik Penilaian : tes tertulis
Bentuk Instrumen dan Instrumen : uraian
Kisi-kisi :
No | Indikator | Jumlah Butir Instrumen |
1 | Mendeskripsikan makna kedaulatan negara | 2 |
2 | Mendeskripsikan makna demokrasi Pancasila | 2 |
3 | Menjelskan lembaga-lembaga negara berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 | 2 |
4 | Menjelaskan hubugan antar lembaga-lembaga negara di Indonesia | 2 |
5 | Menjelaskan sikap positif terhadap sistem pemerintahan Indonesia diberbagai lingkungan | 2 |
(Lihat lampiran penilaian)
4. Keterampilan
Jenis/Teknik Penilaian : observasi
Bentuk Instrumen dan Instrumen : check list
Pedoman Penskoran :
No | Keterampilan | Butir instrumen |
1 | Presentasi | 1 |
2 | Portofolio | 1 |
(Lihat lampiran penilaian)
Kota Damar,…………………………………..2016
Guru Pamong Nama Mahasiswa
………………………………. ……………………………………
NIP. NIM.