Teks Iklan merupakan sebuah teks yang ditujukan untuk promosi suatu produk tertentu yang mana bertujuan untuk meningkatkan penjualan, mangajak orang dan memberi isu orang semoga tahu apa yang di iklan kan tersebut.
- Pengetian Teks Iklan
- Struktur Teks Iklan
- Fungsi Teks Iklan
- Ciri Kebasaan Teks Iklan
- Contoh Teks Iklan
Teks Iklan
A. Pengertian Teks Iklan
Baca juga : Pengertian Teks Anekdot
B. Strukut Teks Iklan
Seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwa dalam menciptakan teks iklan harus memenuhi kaidah yang jelas, termasuk struktur teks iklan harus benar, semoga iklan yang nantinya anda buat bisa berhasil menarik minat para pembacanya.untuk strukur teks iklan yaitu sebagai berikut;
1. Judul
Judul ini yaitu faktor penting yang harus anda perhatikan, kalau anda ingin menciptakan sebuah teks iklan usahakan judulnya semenarik mungkin dan menciptakan orang semakin penasaran, sehingga orang akan lebih gampang terpikat. dan judul ini terletak di bab atas sebuah iklan, dan biasanya Judul ini mewakili dari produk / jasa yang akan kita tawarkan nanti.
2. Nama produk
Setiap iklan harus mempunyai produk yang terang dan usahakan produk yang anda tawarkan gampang dipahami dan bisa bermanfaat bagi penggunanya, dengan begitu iklan yang anda buat akan banyak memikat para pembeli,
3. Penjelasan Tentang Produk
Setelah anda memilih nama produk, tentunya anda harus menjelaskan secara detail wacana produk yang anda tawarkan, misalkan saya mau beriklan menjual hp, tentunya akan saya sertakan merek hp tersebut, dan diperjelas dengan spesifikasi yang terang dan keunggulan dari produk hp tersebut, dengan begitu orang akan berpikir untuk membelinya, lantaran bisa bermanfaat bagi penggunanya. dan perlu anda ketahui bahwa produk harus berisi deskripsi jelas, baik dari keunggulan, spesifikasi,lokasi, cara pembelian, dan kalau lewat online bisa metode pengiriman yang anda gunakan nanti apa.
C. Fungsi Utama Teks Iklan
Sebenarnya apa sih fungsi dari teksi iklan itu, tanpa saya jelaskan pun anda harusnya sudah tahu, kalau anda benar-benar membaca semua bahasan diatas, kita bisa melihat fungsi teks iklan ini dari klarifikasi Pengertian Teks Iklan diatas yang mana Fungsi utama dari teks iklan yaitu mengenalkan produk atau jasa yang di maksud dari pengiklan, dan tujuan karenanya yaitu dengan menunjukkan produk atau jasa mengatakan orang tahu dan tertarik untuk membeli produk tersebut ataupun memakai jasa tersebut.
Kaprikornus bisa kita sanggup kesimpulan bahwa teks iklan berfungsi sebagai kata atau kalimat rayuan semoga orang tertarik untuk membeli suatu produk atau memakai jasa tersebut.
D. Kaidah Kebahasaan Teks Iklan
Untuk bisa menciptakan teks iklan dengan baik setidaknya iklan yang anda buat harus memenuhi kaidah kebahasan teks iklan yang benar, sehingga iklan yang anda buat bisa menarik simpati dari para pembaca atau orang yang melihatnya, oleh alasannya itulah kalau anda belum tahu apa saja kaidah kebahasaan teks iklan bisa melihat klarifikasi dibawah ini;
1. Menggunakan Kalimat Slogan
Teks iklan yaitu sebuah pesan tersembunyi yang ada pada setiap deskripsinya, untuk itulah harus memakai slogan yang bisa menarik orang dan gampang di ingat pada ketika penyampaian suatu produk atau jasa kepada konsumen atau penggunanya, dalam pembuatan slogan ini sebisa mungkin usahakan harus mempunyai deskripsi yang terang yang bisa menjelaskan setiap produk atau jasa yang akan kita tawarkan nanti dan gampang di ingat oleh publik, dan ini butuh kreatifitas yang tinggi dari anda, mencar ilmu dan mencar ilmu niscaya anda semakin terampil dalam menciptakan slogan ini.
2. Menggunakan Kalimat Persuasif
Kalimat persuasif yaitu sebuah sebuah kalimat yang bersifat rayuan yang bertujuan untuk menggoda dari konsumen atau pembeli untuk membelinya, untuk itulah dalam pembuatan teks iklan sebisa mungkin gunakan kalimat pesuasif yang bersifat singkat, padat dan jelas, misalnya “Kuaitas terjamin, gampang digunakan, harga terjangkau”
3. Memakai Subjek Orang Pertama Tunggal Atau Jamak
Dengan penggunaan subjek orang pertama teks iklan akan lebih terang dan menarik simpati para publik, subjek yang dimaksud ini menyerupai kami, kita, saya, saya dan lain-lain, dan pada pada dasarnya pemakain subjek ini bentuk hasil proses atau sampel produk yang suda dicoba dan terbukti, sehingga orang gampang tertarik.
Contoh Teks Iklan
Nah tinggal satu pokok bahasan saja pada postingan kali ini yaitu pola teks iklan, pola ini bisa anda jadikan sebagai patokan dalam menciptakan teks iklan sesuai dengan produk anda, tetapi jangan memalsukan persis ya ,gunakan kreatifitas anda dan sesuaikan dengan kebutuhan produk yang akan anda iklankan nanti, berikut beberapa pola teks iklan yang mungkin bisa berkhasiat bagi anda semuanya.
![]() |
Contoh Teks Iklan Jasa |
![]() |
Contoh Teks Iklan Penjualan |
Nah itulah sedikit pola teks iklan yang bisa saya berikan,mungkin and amau mencoba menciptakan iklan, silahkan gunakan kata-kata yang semenarik mungkin semoga pembeli tertarik.
Demikian penjalasan lengkap bahan Teks Iklan pada postingan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan membantu anda semuanya yang sedang memahami pelajaran bahasa indonesia, terimakasih