• Skip to main content
  • Skip to primary sidebar
  • Home
  • Tentang Kami
  • Kebijakan Privasi
  • Disclaimer
  • Syarat dan Ketentuan

Materi Sekolah Indonesia

Materi Sekolah Indonesia adalah tempat untuk berbagi materi sekolah mulai dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK, dan lain-lain. Tersedia materi untuk guru dan materi untuk siswa. Materi dari sumber yang terpercaya.

Home » IPA » Materi Sekolah | Kisi-Kisi Ujian Nasional Sd/Mi Dan Referensi Soal – Ipa

Materi Sekolah | Kisi-Kisi Ujian Nasional Sd/Mi Dan Referensi Soal – Ipa

2 Agustus 2018 by Materi Sekolah

A. MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA

Materi: Ciri-ciri makhluk hidup dan penggolongan hewan

Indikator:

  • Mengidentifikasi ciri khusus flora yang hidup di lingkungan tertentu
  • Menjelaskan fungsi bentuk luar badan binatang yang merupakan ciri khusus dari binatang tersebut.
  • Menentukan dasar pengelompokan hewan
  • Menggolongkan binatang menurut jenis makanannya yang disajikan dalam gambar
  • Menunjukkan pasangan yang sempurna antara nama binatang dengan jenis makanannya yang disajikan dalam tabel

Materi: Hubungan antarmakhluk hidup dalam ekosistem

Indikator:

  • Mengidentifikasi rantai masakan pada ekosistem tertentu.
  • Menentukan organisme yang sanggup menduduki pecahan pada rantai masakan yang tidak lengkap
  • Menentukan tugas organisme tertentu dalam suatu rantai masakan yang dijsaikan dalam gambar.
  • Memprediksi perubahan yang terjadi pada ekosistem tertentu bila salah satu komponen dalam rantai masakan punah atau berkembang pesat.
  • Memberikan referensi kekerabatan yang dekat antaramakhluk hidup (simbiosis)
  • Menjelaskan alasan terjadinya kekerabatan antar makhluk hidup pada suatu ekosistem menurut gambaran referensi yang diberikan.

Materi: Perkembangbiakan dan penyesuaian diri makhluk hidup

Indikator:

  • Menentukan cara perkembangbiakan flora tertentu yang disajikan dalam gambar.
  • Memberikan referensi flora yang sanggup dikembangbiakkan dengan cara vegetatif buatan/alami
  • Memberikan dua referensi binatang yang berkembangbiak dengan cara tertentu.
  • Menentukan pasangan yang sempurna antara jenis tumbuhan/hewan dengan cara perkembangbiakannya yang disajikan dalam bentuk tabel.
  • Mengidentifikasi cara binatang tertentu mengikuti keadaan terhadap lingkungannya menurut ilustrasi.
  • Menjelaskan tujuan hewan/tumbuhan mengikuti keadaan dengan cara tertentu.
  • Menunjukkan pasangan yang sempurna antara nama hewan/tumbuhan dan cara adaptasinya.

Materi: Pelestarian Lingkungan

Indikator:

  • Menjelaskan cara melestarikan lingkungan menurut masalah wacana kondisi lingkungan di suatu daerah.
  • Menjelaskan manfaat pelestarian lingkungan.
  • Menjelaskan akhir dari acara insan yang sanggup menghipnotis keseimbangan lingkungan menurut gambaran yang disajikan.
  • Menjelaskan cara mencegah terjadinya erosi, abrasi, banjir dan lain-lain.


B. STRUKTUR DAN FUNGSI MAKHLUK HIDUP

Materi: Bagian Tubuh Tumbuhan/Hewan dan Fungsinya

Indikator:

  • Menjelaskan fungsi pecahan badan tumbuhan/hewan.
  • Menjelaskan manfaat pecahan badan tumbuhan/hewan tertentu bagi kehidupan manusia

Materi: Daur hidup beberapa hewan

Indikator:

  • Mengidentifikasi binatang yang mengalami daur hidup menyerupai tampak pada gambar/diagram
  • Menentukan salah satu tahapan daur hidup binatang tertentu yang merugikan atau menguntungkan insan menurut ilustrasi.

Materi: Rangka Manusia

Indikator:

  • Menentukan jenis sendi yang disajikan dalam gambar.
  • Menentukan arah gerak sendi yang disajikan dalam gambar.
  • Menjelaskan fungsi pecahan rangka yang disajikan dalam gambar.

Materi: Sistem Organ pada Manusia

Indikator:

  • Menjelaskan fungsi pecahan pendengaran yang ditunjuk dalam gambar.
  • Menjelaskan fungsi pecahan yang ditunjuk pada gambar sistem pernafasan
  • Menentukan jenis penyakit yang disebabkan adanya gangguan pada organ tertentu.
  • Menjelaskan fungsi organ pada manusia.

C. PENGOLAHAN DATA

Materi: Benda
Indikator:

  • Menentukan pasangan yang sempurna antara benda dan sifat-sifatnya dalam tabel
  • Menentukan pasangna yang sempurna pada tabel referensi acara dan perubahan wujud benda yang terjadi.
  • Menjelaskan faktor-faktor yang menimbulkan perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan)

D. ENERGI DAN PERUBAHANNYA

Materi: Gaya dan Gerak
Indikator:

  • Menyebutkan jenis gaya dalam kegiatan sehari-hari menurut gambar.
  • Menyebutkan referensi acara yang menunjukkn gaya sanggup mengubah gerak, arah atau bentuk benda.
Materi: Energi dan Perubahannya
Indikator:
  • Menentukan bentuk energi pada alat/benda ketika dipakai menurut gambar.
  • Menentukan alat-alat yang memiliki perubahan energi yang sama dari beberapa gambar alat yang disajikan.
  • Menunjukkan gambar benda atau kegiatan yang memanfaatkan energi alternatif tertentu dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menentukan cara menghemat energi menurut gambaran wacana kelangkaan energi.
Materi: Suhu dan Kalor
Indikator:
  • Menjelaskan penerapan acara yang berkaitan dengan pemuaian/penyusutan.
  • Menyebutkan penggunaan benda berdasrakan sifat hantaran panas.
  • Menentukan benda-benda yang termasuk isolator/konduktor panas.
  • Menyebutkan referensi perpindahan panas dalam kehidupan sehari-hari.
Materi: Bunyi dan Cahaya
Indikator
  • Menyebutkan benda-benda yang sanggup menyerap suara untuk mencegah gaung.
  • Menentukan alat musik yang dibunyikan dengan cara tertentu (misal digesek, ditiup, dipukul, dipetik, digetarkan).
  • Menentukan arah bayangan benda bila posisi sumber cahaya diubah menurut gambar.
  • Menjelaskan sifat cahaya yang terjadi menurut gambaran suatu kegiata/gambar.
Listrik dan Magnet
  • Menentukan saklar-saklar yang harus diputus/disambung sehingga beberapa lampu menyala/mati, bila diberikan gambar rangkaian listrik yang terdiri atas beberapa lampu dan dua saklar.
  • Menentukan cara menciptakan magnet menurut gambar.
E. BUMI DAN ALAM SEMESTA
 
Materi: Sumber Daya Alam
Indikator:
  • Menjelaskan manfaat salah satu jenis sumber daya alam menurut gambar.
  • Menentukan beberapa sumber daya alam yang sanggup diperbaharui atau tidak sanggup diperbaharui.
  • Menjelaskan efek pengambilan materi alam terhadap pelestarian lingkungan.
Materi: Daur Air
Indikator:
  • Menentukan tahapan daur air menurut gambar.
  • Menjelaskan acara manusiayang sanggup menghipnotis daur air.
Materi: Sistem Tata Surya
Indikator:
  • Menjelaskan akhir gerakan bumi/bulan terhadap matahari.
  • Mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana matahari/bulan.
  • Menentukan nama planet yang ditunjuk pada gambar sistem tata surya.
  • Menentukan nama planet menurut ciri-cirinya.
  • Menjelaskan dasar perhitungan kalender Masehi dan Hijriah.
 

 

Ditempatkan di bawah: IPA

Sidebar Utama

Artikel Terbaru

Materi Sekolah | Cara Melestarikan Budaya Bangsa (Halaman 185)

Materi Sekolah | Percobaan Mengamati Perubahan Wujud Benda – Pengembunan (Halaman 194)

Materi Sekolah | Cara Menghargai Jasa Jagoan (Halaman 198)

Materi Sekolah | Ayo Berguru Dari Problem (Halaman 198)

Materi Sekolah | Sikap Dalam Adaptasi (Halaman 202)

Materi Sekolah | Kosakata Pelajaran Pelangi (Halaman 205)

Materi Sekolah | Ulasan Bacaan Yang Berjudul Pelajaran Pelangi

Materi Sekolah | Acara Yang Membutuhkan Air (Halaman 6)

Kategori Materi

  • Ayo Menulis
  • Bahasa Indonesia
  • Buku
  • Download
  • Geografi
  • IPA
  • IPA 6
  • IPA 7
  • IPA 8
  • IPA 9
  • Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 1
  • Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 3
  • Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 4
  • Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 5
  • Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 2
  • Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3
  • Kurikulum 2013
  • Matematika
  • Materi Sekolah
  • Pendidikan Agama
  • PKN9
  • PPKn
  • Praktikum Kelas 6
  • Raport
  • Revisi 2017
  • Revisi 2018
  • RPP
  • SD Kelas 1
  • SD Kelas 2
  • SD Kelas 4
  • SD Kelas 5
  • SMA Kelas X
  • SMA Kelas XII
  • Soal 5
  • Soal 6
  • Soal 8
  • Tematik

Copyright © 2018 · Materi Sekolah