Kelas : VII (Tujuh )
Untuk soal nomor 1 samapi dengan 50 pilihlah jawaban yang benar dengan menghitamkan bulatan pada abjad A, B, C atau D pada lembar jawaban!
1. Perhatikan puisi rakyat berikut dengan saksama!
Pasir dan ombak di bawah langit biru
Semua ada di Pantai Goa Cemara
Patuhilah selalu pesan yang tersirat ibumu
Agar hidupmu tidak sengsara
Dilihat dari rimanya, bait puisi tersebut adalah:
A. syair C. pantun
B. seloka D. gurindam
2. Perhatikan puisi rakyat berikut dengan saksama!
Kurang pikir kurang siasat
Tentu dirimu akan tersesat
Dilihat dari jumlah baris dalam satu baitnya, puisi tersebut yakni …
A. syair C. pantun
B. seloka D. gurindam
3. Perhatikan puisi rakyat berikut dengan saksama!
Pada zarnan dahulu kala
Tersebutlah sebuah dongeng
Sebuah negeri yang kondusif tenang sentosa
Dipimpin sang raja rupawan nan bijaksana
Dilihat dari unsurnya, puisi rakyat tersebut termasuk jenis … :
A. syair C. pantun
B. seloka D. gurindam
4. Perhatikan gurindam berikutdengan saksama!
Apabila hidup selalu berbuat baik
Tanda dirinya berhati manis
Jika hendak hidup senang
Jangan pernah melaksanakan perbuatan sia-sia
Kalimat larangan dalam gurindam tersebut yakni ….
A Jika hendak hidup senang
B. Tanda dirinya berhati manis
C. Apabila hidup selalu berbuat baik
D. Jangan pernah melaksanakan perbuatan sia-sia
5. Perhatikan syair berikut dengan saksama!
Ilmu didapat tiada cepat
Mesti sabar hatinya berpengaruh
Moga Tuhan berikan rahmat
Marijaga hati serta niat
Kalimat usul pada syair tersebut yakni …
A. Ilmu didapat tiada cepat
B. Mesti sabar hatinya berpengaruh
C. Moga Tuhan berikan rahmat
D. Mari jaga hati serta niat
6. Kalimat beragam kekerabatan tujuan terdapat pada pantun ….
A. Jalan-jalan ke Pacitan
Jangan lupa bawa bekal acar
Agar hidup tercapai tujuan
Hendaklah perjaka rajin berguru
B. Di Kotagede ada jalan Kemasan
Sering dilanda banjir yang sangat parah
Jika hidup bermalas-malasan
Masa depan tak tentu arah
C. Jangan engkau berkata idih
Saat melihat perampok bertobat
Hari ini saya sedih
Karena berpisah dengan sahabat
D. Membeli belut ke pasar Godean
Belut panjang sepanjang pita
Walaupun berguru banyak godaan
Tetaplah teguh mencapai cita-cita
7. Perhatikan syair berikut dengan saksama!
(1) Hai muda berakal budiman
(2) Hasilkan kemudi dengan pedoman
(3) Alat perahumu jua kerjakan
(4) Itulah jalan membetuli insan
Kalimat seru pada syair tersebut terdapat pada baris ke- ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
8. Perhatikanpantun berikut dengan saksama!
(1) Berjalan-jalan ke Semprang
(2) Kubeli bandeng tanpa’durl
(3) Belajarlah mulai sekarang,
(4) Untuk hidup kemudian hari
Kalimat perintah pada pantun tersebut terletak pada baris ke- ….
A. 1 C. 3
B. 2 D. 4
9. Pernyataan yang sempurna sesuai pantun tersebut yakni ….
A. Baris pertama dan kedua pantun tersebut sebagai sampiran
memakai kalimat beragam kekerabatan tujuan.
B. Baris pertama dan kedua pantun tersebut sebagai sampiran
memakai kalimat beragam kekerabatan / keterangan.
C. Baris ketiga dan keempat sebagai isi
memakai kalimat beragam kekerabatan perintah.
D. Baris ketiga dan keempat sebagai isi
memakai kalimat beragam kekerabatan konjungsi.
10. Perhatikan pantun berikut dengan saksama!
Berwisata ke Bengkulu
Membawa bekal ketupat
Sebaiknya kamu pikir dahulu
Demi keputusan yang sempurna
Kata yang mengatakan saran pada pantun tersebut yakni ….
A. kata demi pada baris keempat
B. kata sebaiknya pada baris ketiga
C. kata depan ke pada baris pertama
D. kata berimbuhan ke- pada baris kedua
11. Syair yang mengandung ungkapan cinta tanah air yakni ….
A. Wahai generasi muda
Teguhlah dalam berusaha
Tekunlah dalam berdoa
Demi meraih cita-cita
B. Wahai muda dan perjaka
Kenali lingkungan kita
Saat alam sekitar dalam ancaman
Kita harus selalu siaga
C. Janganlah lelah ataupun letih
Meski langkah kita tertatih
Meski ram but juga mulai memutih
Kita takkan pudarkan merah putih
D. Wahai pemudi dan perjaka
Siapa slalu berkunjung ke dunia maya
Pasti menyadariadanya ancaman
Di samping keunggulan berdaya guna
12. Perhatikan pantun berikut dengan saksama!
Kapal berlayar tanpa muatan
Diiringi musik orkes simponi
Bumi merana kehabisan hutan
Tanam pohon hanya ceremoni
Isi pantun tersebut yakni ….
A. Sebuah kapal yang kosong tanpa muatan
B. Simponi bumi yang rnerana
C Sindiran terhadap rusaknya alam
D. Ceremoni mer.anam pohon
13. Perhatikan gurindam berikut dengan saksama!
Apabila kelakuan baik berbudi
Hidup menjadi indah tak akan merugi
Apabila hidup selalu berbuat baik
Tanda dirinya berhatl manis
Jagalah hati jagalah ekspresi
Agar kau tidak hidup dalam penyesalan
Isi gurindam tersebut yakni ….
A. Tips menjadi orang cantik, baik hati, dan tidak merugi
B. Kehidupan seorang budiman akan penuh kedamaian
C. Kebaikan untuk mempersiapkan bekal di darul abadi nanti
D. Penyesalan seumur hidup akan rnembuat orang merana
Perhatikan syair berikut untuk mengerjakan soal nomor 14 dan 15!
(1) Wahai pemudi dan perjaka
(2) Bumi yang kita tinggali semakin renta
(3) Lebih renta dari nenek moyang kita
(4) Marilah selalu kita jaga
14. Alasan yang mengatakan bahwa lsl syair terse but perihal lingkungan hidup yakni …. A. Melibatkan generasi muda dengan lingkungan virtual
B. Baris kedua mengatakan bahwa bumi telah tua
C. Ajakan untuk menjaga nenek moyang insan
D. AjakCJn bagi perjaka untuk menjaga alam liar
15. Kallmat ajakan terdapat pada baris ke …. A. 1
B. 2
C. 3
D. 0.4
16. Perhatikan pantun berikut dengan saksama! Ayo makanlah ayam betutu
Disajikan di atas pinggan
Belajaflahengkau di setiap waktu
Belajar kewajiban setiap insan
Konjungsi yang sempurna untuk melenqkapi kepingan rumpang pantun tersebut yakni ….
A. jiwa
B. lantaran
C. walaupun
D. sedangkan
17. Perhatikan pantun berikut dengan saksama!
Sulit mencari harimau jawa
Dia bersembunyi di dalam ( … ]
Siapa pula takkan [ … ]
Melihat monyet duduk berbedak
Kata yang sempurna untuk melengkapi kepingan rumpang pantun tersebut yakni ….
A. semak, tertawa
B. gua, tersedak
C. kotak, merasa
D. rawa,tergelak
18.
Wahai perjaka penerus [ … ]
Janganlah engkau berputus asa
Saat rintangan mengaduk [ … ]
Tunjukkan semangat kamu pun bisa
A. asa, rasa C. negeri, terperi
B. bangsa, rasa D. kejayaan, di depan
19. Perhatikan gurindam berikut dengan saksama!
Kelak hidupmu bakal tersesat
Jika engkau berlaku jujur
Pasti hidupmu takkan […]
Agar tubuh tak sering mengaduh
A. siasat, lebur, subuh C. maksiat, kubur, tubuh
B. siasat, hancur, tubuh D. sahabat, hancur, tubuh
20. Pantun agama terdapat pada ….
A. Belajar membatik kebudayaan Jawa .
Canting menari di atas belacu
Siapa pula takkail tertawa
Melihat monyet duduk bergincu
B. Boneka barbie di dalam beling
Dijadikan benda kesayangan
Kembangkan terus kegemaran membaca
Agar lebar langkah dan luas pandangan
C. Memasak di atas batu
Kura minyak supaya lebih sehat
Sembahyang sempurna waktu
Sebagai bekal menuju darul abadi
D. Saat bertiup angin badai
Katak sembunyi di dalam kolam
Menanam pohon menanam kehidupan
Untuk menjaga kelestarian alam.
(1) Untuk apa berbuat baik
Jika tak ingin masuksurga
(2) Jalan-jalan ke Kota Jogja
Jangan lupa membeli bakpia
(3) Jika ingin hidupmu selamat
Hindari perbuatan maksiat
(4) Perbuatan manakah yang kan Tuhan terima
Itulah niscaya perbuatan baik adanya
Bait yang sesuai denqan ciri-ciri gurindam yakni …
A. 1 C. 3
B. 2 D. 4
22. Syair yang berisi perihal pendidikan yakni ….
A. Wahai generasi muda
Janganlah engkau suka menunda
Sanyak pekerjaan di masa muda
Segera selesaikan supaya lega di dada
B. Saat ajal tiba mendekat
Siapa yang akan rnenjadi sahabat
Telah siap rnalalkat petugas pencatat
Dengan catatan amal dan maksiat
C. Di hari yang panas makan jeli
Barangsiapa suka tertawa
Menepis lara dan sedih
Senyum dilepas di atas muka
D. Semangat membaca sedanq digalakkan
Agar pengetahuan selalu didapatkan
Untuk mencapai masa kemajuan
Demi gemilang di kiamat
23. Perhatikan kepingan gurindam berikut dengan saksama!
Saat dendam membara dijaga […]
Baris yang sempurna untuk melengkapi gurindam tersebut yakni : …
A. Bersiaplah menghadapi mara ancaman
B. Kau akan menemukan cahaya
C. Kelak hidupmu akan merugi
D. Penyakit akan menggerogoti hati
24. Pantun teka-teki terdapat pada ….
A. Naik sepeda bannya kempes
Dibonceng sahabat gendut badannya
Jika ingin engkau sukses
Selajar tekun itu kuncinya
B. Kurang makan tubuh kurus
Harus ditunjang masakan sehat
Di dunia berjalan lurus
Untuk bekal di darul abadi
C. Di hari yang panas makan jeli
Sayangkan betapa segarnya
Siapa pula takkan geli
Melihat monyet naik sepeda
D. Sore hari makan kebab
Lebihenak ditambah mayones
Siapa tahu silakan jawab
Apa nama lain Pulau Flores
25. Perhatikan pantun berikut dengan saksama!
Menikmati senja indah di pantai
Lebih indah bersama sahabat
Jika engkau cerdik dan pintar
Binatanq apa geraknya lambat
Balasan yang sempurna untuk pantun tersebut yakni ….
A. Di dermaga kapal tertambat
Habis berlayar keliling dunia
Sinatang apa geraknya lambat
Itulah kukang namanya
B. Bersama sahabat suka dan sedih
Itulah namanya sahabat
Sinatang kukang selalu lambat
Namun itulah kelakuannya
C. Kota bunga kota Tomohon
Adanya di Sulawesi Utara
Kukang hidup di atas pohon
Semua tak sabar dengan kelakuannya
D. sore-sore makan masakan ringan manis pukis
Dihidangkan di atas nampan
Kukang ada di hutan tropis
Geraknya itu selalu pelan
Perhatikan kutlpan teks fabel berikut dengansaksama untuk mengerjakan soal nomor 26 dan 27!
Pada suatu pagi indah dengan matahari yang cerah, Pak Tua Rusa mengunjungi kediaman keluarga Ipsi Tupai di sebuah desa dengan mengendarai bus. Bus melaju melewati hutan hujan. Alam yang indah menjadi pemandangan sepanjang jalan.
26. Ciri fabel yang terdapat pada kutipan teks tersebut yakni …
A. Tokoh yakni para binatang
B. Rangkaian insiden sebab-akibat
C. Menggunakan latar daerah di hutan
D. Tokoh sanggup berb ara menyerupai insan
27. Bukti bahwa kutipan teks tersebut termasuk fabel pembiasaan yakni …
A. adanya hutan hujan
B. tokoh mengendatai bus
C. rumah tokoh di desa manusla
D. alam yang indah sepanjang jalan
Perhatikan kutipan teks fabel berikut dengan saksama untuk mengerjakan soal nomor 28, 29, 30!
Sang Belalang sembah heran dengan apa yang dUakukan Semut kemudian ia bertanya kepada salah satu
Semut tantara yang sedang berjaga di erat para Semutpekerja, “Kenapa kalian membawa masakan yang banyak itu masuk kesarang kalian?”
Sang semut menjawab, “Kami melakukannya supaya kami tidak kelaparan dikala ekspresi dominan cuek tiba.”
Lalu sang Belalang kaget, “Musim dingin?”
28. Kata ganti orang pertama jamak dalam kutipan fabel tersebut adaiah ….
A. ia C.kalian
B. kami D. mereka
29. Struktur teks fabel pada kutipan tersebut merupakan kepingan …
A. orientasi C. resolusi
B. kompllkasi D. koda
30. Tokoh Belalang pada kutipan fabel tersebut termasuk tokoh ….
A. antagonis C. protagonis
B. tritagon;5 D. melankolis
31. Perhatikan kutipan teks fabel berikut dengan saksama!
Ulu, seekor katak hijau sedang bangun di pinggir kolam. Hari itu langit sangat gelap [ … ] hari menyerupai
itutah yang Ulu sukai. Tidak usang kemudian, air mulai menetes perlahan-Iahan dari angkasa.
“Hujan tetah tibal” Ulu berteriak [ … ] girang. .
Ulu pun mulai bersenandung sambal melompat-lompat mengitari kolam. la melihat semut yang keeil
sedang berteduh di balik bunga matahari.
“Wahai semut, hujan telah tiba jangan bersembunyil” seru Ulu kepada semut yang sedang berusaha keras menghindari tetesan ,air hujan.
Konjungsi uituk mengisi kutipan fabel yahg rumpang tersebut yakni ….
A. di, dengan C. namun, kemudian
B. dari, tetapi D. dan, dengan
32. Perhatikan kutipail teks fabel berikut dengan saksamal
Siang hari itu suasana di hutan sangat terik. Tempat tinggal si Kancil, si Gajah, dan lainnya seakan
terbakar. Kancil kehausan. Dia berjalan-jalan [ … ] air;
Kata kerja untuk mengisi kutipan fabel yang rum pang terse but yakni …. ,
A. mencari C. mendamba
B. memlnum D. menyongsong
Perhatikan kutipan teks fabel berikut dengan saksama untuk mengerjakan soal nomor 33, 34, dan 351
(1) Sore itu tiga kelinci kecil, Cici, Pusi, dan Upi bermain bersama di daerah la pang di hutan. Tiba-tiba Cici melihat sesuatu tergeletak dalam bungkus plastik.
(2) “Hai teman-teman lihatlahl” Cici berteriak sambil menunjuk ke arah bungkus plastik.
(3) “Wah, masakan teman-teman,” teriak UpL’ .
(4) “Asyik. sore ini kita makan enak” Pusi bersorak kegirangan.
(5) Cici mengambil masakan ringan manis itu, membuka bungkusnya dan tercium aroma harum dari masakan ringan manis itu. Tiba-tiba muncul niat liciknya.
33. Tema kutipan fabel tersebut yakni ….
A. makan bersama sahabat
B. ingatlah ternarr dikala senang
C. kecerdikan membawa musibah
D. kelicikan lantaran keserakahan
34. Latar suasana terdapat pada kalimat nomor ….
A. 2 C. 4
B. 3 D. 5
35. Perbaikan penulisan kalimat yang bergaris bawah yakni ….
A. “Asyik! sore ini kita makan enak!” Pusi bersorak kegirangan.
B. “Asyik, sore ini kita makan enak!” Pusi bersorak kegirangan.
C. “Asyik, sore ini kita makan enak!,” Pusi bersorak kegirangan.
D. “Asyik … sore ini kita makan enak!” Pusi bersorak kegirangan.
Perhatikan kutipan teks fabel berikut dengan saksama untuk mengerjakan soal nomor 36,37, dan 38!
Pada suatu hari si Rusa berjalan-jalan di pinggir danau. la bertemu dengan si Kur – ura yang terlihat
hanya mondar-mandir.
“Kura-kura, apa yang sedang engkau lakukan di sini?” teriak si Rusa. .:
“Aku sedang mencari sumber penqhidupan,” jawab si Kura-kura.
Si Kura-kura berusaha menjelaskan, namun si Rusa tetap marah. Bahkan, si Rusa mengancam akan
menginjak tubuh si Kura-kura. Si Kura-kura yang jengkel a1
si Siput untuk menjadi saksl pertandingan mereka.
36. Tokoh antagonis dalam kutipan fabel tersebut yakni ….
A. si Siput
B. siRusa
C. siAnjing
D. si Kura-kura
37. Orientasi pada kutipan teks fabel tersebut yakni ….
A. diawali dengan konflik batin
B. diawali dengan deskripsi latar
C. diawali dengan aktivitas tokoh
D. diawali dengan latar masa lalu
38. Penceritaan kembali sesuai fabel tersebut yakni …
A. Pada suatu hari si Rusa berjalan-jalan di pinggirdanau. la bertemu dengan si Kura-kura yang terlihat
hanya mondar-mandir. Si Rusa berteriak-tertak dan menantang Kura-kura untuk beitanding berkelahi betis.
B. Si Rusa berjalari-jalan dl hutan dan bertemu dengan si Kura-kura yang terlihat hanya mondar-mandir.
Si Rusa berteriak-teriak.dan rnenantanq Kura-kura untuk bertanding berkelahi betis yang niscaya akan menang.
C. Si Rusa yang pemarah bertemu dengan si Kura-kura. Si Rusa menganggap si Kura-kura memfitnahnya.
Si Rusa yang berteriak-teriak menciptakan Kura-kura menanggapi dengan tantangan pertandingan berkelahi betis.
D. Si Rusa yang pemarah bertemu dengan si Kura-kura, Si Rusa menganggap si Kura-kura mengganggunya.
Si Rusa yang berteriak-teriak menciptakan si Kura-kura menanggapi dengan tantangan pertandingan berkelahi
betis