3. Tentukan hasil dari a. 5 × ( 15 −6) b. 12 × (−7) + (−6) ÷ (−2) c. −15 ÷ (−3) −7 × (−4) d. [1 + 2 ÷ 3 × 4] × [9 × 7 (7 –8) ÷ (6 + 5)] Jawab: a. 5 × ( 15 −6) […]
Matematika
Materi Sekolah | Halaman 8. Ayo Kita Menalar
Diketahui bilangan lingkaran nyata M dan bilangan lingkaran negatif N. Bilangan M tersusun dari dua angka, sedangkan bilangan N tersusun dari lima angka. Manakah bilangan yang lebih besar? Jelaskan. Diketahui bilangan A dan B ialah bilangan lingkaran negatif. Bilangan A dan B tersusun dari empat angka. Bagaimanakah langkah untuk memilih bilangan mana yang lebih besar? […]
Materi Sekolah | Halaman 9. Latihan 1.1
4. Diketahui bilangan X, Y, dan Bilangan Z. Bilangan X = 123abc Bilangan Y = 45bcde Bilangan Z = 9abcd Jika setiap abjad pada bilangan tersebut mewakili suatu angka, urutkan bilangan tersebut dari yang terbesar? Jelaskan. Jawab: X = 1 2 3 0 0 0 Y = 4 5 0 0 […]
Materi Sekolah | Halaman 17. Latihan 1.2.
1. Tentukan operasi berikut memakai garis bilangan (sketsa saja) dan tentukan hasilnya a) −35 + 47 + (–119)b) 132 − 713 + 915c) 9.000 − 1.400 + 800 − 700 Jawab: a) −35 + 47 + (–119) = 12 – 199 = -107 b) 132 − 713 + 915 = – 581 + […]
Materi Sekolah | Rumus Persegi Absurd 3 X 3
Cara 1: Methode Siamese Lihat ilustrasi di bawah: Metode di atas disebut juga sebagai metode Siamese. Langkah pertama : Taruh angka 1 selalu pada baris paling atas, pada kotak yang tengah. Kemudian isikan angka 2,3,dan seterusnya mengikuti contoh dari kiri bawah ke kanan atas. Karena kotak diatas pojok kanan tidak ada, maka angka dua ditaruh paling […]
Materi Sekolah | Rumus Persegi Ajaib 4X4
Cara 1: Rumus Rumus persegi abnormal 4×4 yaitu sebagai berikut : A B C D D-3 C+3 B-1 A+1 B+1 A-1 D-1 C+1 C+2 D-2 A+2 B-2 Gunakan tabel tersebut sebagai kunci rahasianya. Contoh 1: Kemudian kita melengkapai dengan memakai rumus yang telah disediakan. Misal A = 3, B = 19, […]
Materi Sekolah | Rumus Persegi Asing 5X5
Cara 1. Pyramyc Method Konstruksi persegi 5×5 dengan pyramid Method
Materi Sekolah | Segitiga Ajaib
Fungsi/kegunaan: melatih keterampilan penggunaan hukum-hukum aljabar, barisan bilangan dan masalah solving. Segitiga Ajaib 6 Petunjuk kerja: aturlah koin-koin bilangan 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 pada daerah yang disediakan sehingga setiap garis (sisi segitiga) yang memuat 3 bilangan mempunyai jumlah yang sama. Penyelesaian : Isikan angka 1 s.d 6 pada bulat di segitiga […]